Jumat, 04 Juni 2010

PERJUANGAN AWAL, PARA WALI DI JAWA (6)

Kelompok Santri Putihan dan Santri Abangan menunjukkan sikap demokratisnya ketika :
  1. Sunan Kalijaga menciptakan wayang, kesenian Jawa yang sangat disukai oleh rakyat, karena waktu itu pertunjukkan wayang sebagai alat untuk mendatangkan Hyang atau arwah nenek moyang. Gambar wayang Jawa kuno berbentuk gambar manusia seperti relief pada Candi Prambanan. Sunan Giri pemimpin santri putihan memerintahkan kepada Sunan Kalijaga untuk menciptakan bentuk wayang yang tidak mirip manusia karena dilarang menurut tuntunan Nabi. Wayang pertama ciptaan Sunan kalijaga adalah Gunungan. Kemudian ia menciptakan tokoh Bathara Guru, yang kemudian diberinya nama Girinata, kenang-kenangan bahwa Sunan Giri-lah yang menata alam dunia baru pewayangan, pergantian ke jaman Islam, dengan bentuk wayang purwo yang sekarang kita kenal.
  2. Pembukaan Masjid Demak, dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit/Purwo dengan dalang Sunan Kalijaga. Hal itupun hasil musyawarah dalam sidang para Walisanga, hasil diskusi kelompok Santri Putihan dan Santri Abangan.
Kebijaksanaan, ramah tamah, bertukar pikiran selalu menjadi pedoman dan tindakan para Walisanga.Menurut pakar sejarah Jawa dari Belanda Dr. H.J. De Graaf, pemerintahan Giri Kedhaton berlangsung selama 200 tahun, dimulai dari tahun 1470 Masehi, yaitu :
  1. Sunan Giri yang pertama atau Raden Paku
  2. Sunan Giri yang kedua atau Sunan Dalem
  3. Sunan Giri yang ketiga atau Sunan Sedamargi
  4. Sunan Giri yang keempat atau Sunan Giri Prapen
  5. Sunan Giru yang kelima atau Sunan Kawis Guwa
  6. Panembahan Ageng Giri
  7. Panembahan Mas Witana Sideng Rana, wafat tahun 1660 Masehi
  8. Pangeran Puspa (bukan keturunan Sunan Giri) yang diangkat oleh Sultan Amangkurat I
  9. Panembahan Singasari
  10. Panembahan Giri

1 komentar:

  1. "IMAM FAQIH" atau lebih di kenal dengan nama PANGERAN PEKIK/M.MOKHAMAD FAQIH NUR SALEH/DJOKO BAGUS UMAR(SUNAN PEKIK). Beliau memiliki beberapa gelar semasa hidupnya diantaranya :

    Raja Amangkurat Agung Kartosuro
    Sunan Lamongan Kedua
    Adipati Surabaya Pertama
    Pangeran Anom

    sukai fp kami: fb.com/sunanpekik

    BalasHapus