Selasa, 10 Februari 2009

PENGANTAR BLOG JASMERAH

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya sampai detik ini hidayah dan inayah-Nya diberikan kepada kami sekeluarga sehingga kesehatan, kemampuan, kekuatan selalu diberikan kepada kami hamba-hamba-nya. semoga segala sesuatu yang berasal dari Allah SWT tersebut memberikan manfaat yang besar bagi kami dan sesama umat manusia. Amin.

Blog sederhana ini saya buat berangkat dari rasa keprihatinan terhadap bangsa besar ( Indonesia ) yang kurang menghargai sejarahnya. Presiden RI pertama Soekarno pernah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya karena dari mereka kita bisa mengambil berbagai sisi positif perjuangan mereka yang tanpa pamrih penuh dengan pengorbanan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Dari para pahlawan tersebut kita dapat mengambil teladan yang sangat berguna bagi perjuangan untuk kemajuan bangsa Indonesia terutama teladan kerja keras dan pantang menyerah. Banyak jalan, gedung maupun monumen yang memakai nama para pahlawan tetapi bagi sebagian besar orang itu hanya dimaknai sebagai sekedar nama belaka tidak lebih tidak. Pahlawan bangsa ini yang diingat hanyalah namanya belaka bukan makna perjuangannya. Bung karno juga mengatakan kepada bangsa ini dengan ungkapannya yang sangat terkenal hingga sekarang, yaitu Jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jasmerah) karena dari sejarah kita dapat belajar banyak hal. Sejarah mempunyai beberapa kegunaan antara lain sebagai pendidikan dan introspeksi bagi kita. Sejarah tidak bermakna jika hanya dipandang sebagai sekedar peristiwa atau kejadian belaka. Sejarah menjadi bermakna jika manusia yang melakukannya bisa mengambil hikmah dari peristiwa yang terjadi guna instropeksi dan kebaikan bagi masa depan. Bangsa Amerika, Inggris, Perancis, Jepang, Cina dan bangsa-bangsa maju lainnya menjadi besar karena mereka tidak melupakan sejarahnya. Mereka mau belajar dengan sejarahnya sehingga tidak heran mereka akhirnya menjadi bangsa yang besar. Bangsa Indonesia kurang belajar dari sejarahnya sehingga peristiwa-peristiwa pahit yang pernah terjadi yang seharusnya tidak terulang lagi kembali lagi dan kembali lagi. Sudah seharusnya bangsa besar ini mau belajar dari sejarah masa lalunya supaya nantinya menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.

Blog ini memuat berbagai tulisan mengenai sejarah baik sejarah dunia maupun sejarah Indonesia dengan harapan semoga membawa manfaat bagi yang membacanya dan kemudian diimplementasikan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kritik dan saran dari berbagai pihak dengan senang hati saya terima demi kebaikan Blog ini.

Wasalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar